Visitors :

 


TIPS MENCEGAH STROKE

oleh dr. Yuda Turana, SpS

Data menunjukkan serangan stroke mengenai 731.000 orang tiap tahun di Amerika. Namun kebanyakan serangan stroke dapat dicegah. Jika kita dapat mengikuti patokan petunjuk pencegahan stroke,  akan mencegah terjadinya stroke hingga 80%.

Berikut ini beberapa saran yang dapat diikuti :
1.    Jika anda mempunyai tekanan darah tinggi, yakinkan bahwa tekanan darah anda terkontrol. Perlu diingat bila saat ini anda menderita hipertensi dan tekanan darah anda memang terkontrol dengan obat, jangan sekalipun mencoba untuk menghentikan obat anda . Tekanan darah yang normal dikarenakan anda meminum obat, bila di stop tekanan darah akan meninggi , risiko stroke akan meningkat. Pengaturan tekanan darah akan menurunkan risiko stroke sebesar 42%
2.    Bila anda menderita Diabetes, kontrol lah kadar gula anda, Gula yang terkontrol juga mengurangi risiko terkena stroke.
3.    Jangan merokok. Risiko stroke akan meningkat saat anda merokok. Pengurangan jumlah batang rokok yang dihisap tidak mengurangi risiko stroke. Stop total rokok!
4.    Olahraga dengan teratur. Jalan sehat 30 menit setiap pagi mengurangi risiko stroke sebesar 24 %.
5.    Makanlah makanan sehat, rendah garam, banyak makan buah dan sayuran, pastikan ada kecukupan asam folat, vit B-6 dan B 12.
6.    Kontrol  kolesterol anda. Kurangi makanan berlemak, ubah pola hidup sehat, bila tidak mungkin mengontrol dengan hal tersebut, biasanya dokter akan memberikan obat penurun kolesterol yang disebut statin.
7.    Kurangi berat badan anda ( bila badan anda terlalu gemuk ) . Dari penelitian sudah terbukti kelebihan berat badan dan lemak di perut akan meninggikan risiko terkena stroke
8.    Bersikaplah positif, jauhi rasa cemas, kekuatiran , kemarahan. Kemarahan akan meningkatkan risiko anda terkena stroke.



Copyright 2008 by Rumah Sakit Royal Taruma
Best view with IE 6.0
1024 x 768 screen Resolution