Visitors :

 


WASPADA !!!!! Penyakit Jantung

oleh dr. Andria Priyana, SpJP

Pada manusia, fungsi dasar jantung adalah sebagai pemompa darah, bekerja dengan cara memompa darah bersih yang kaya oksigen dan nutrisi melalui pembuluh darah arteri ke seluruh tubuh serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Ketika oksigen telah diserap oleh jaringan, pembuluh darah vena membawa balik darah kotor yang mengandung sedikit oksigen ke jantung. Agar dapat bekerja dengan baik, pompa jantung memerlukan suplai darah yang baik oleh pembuluh darah arteri koroner.

Jangan sepelekan NYERI  DADA !!!!
Tidak hanya nyeri dada, Penyakit Jantung Koroner (PJK) juga memiliki gejala khas lainnya dan kita perlu mengenalinya. Apalagi jika nyeri tersebut dirasakan di dada bagian tengah  dan menjalar ke lengan kiri atau leher, sampai menembus  punggung.
Nyeri dada merupakan keluhan yang  paling  sering  dirasakan penderita PJK. Nyeri tersebut dirasakan di dada bagian tengah  dan menjalar ke lengan kiri atau leher, sampai menembus  punggung. Jika tidak segera ditindaklanjuti, gejala ini akan memicu SERANGAN JANTUNG tiba-tiba dan dapat menimbulkan kematian. Rasa nyeri dada juga bisa disertai keluar keringat dingin dan rasa tidak nyaman di perut/mual          

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyakit yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah arteri koroner yang mengelilingi jantung sehingga otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan. Penyebab terjadinya penyempitan tersebut antara lain penumpukan lemak (kolesterol) dan perlahan-lahan  terjadi pengurangan aliran darah yang mengalir ke jantung.

Apa saja  FAKTOR RESIKO PJK?

1.     Modifiable (yang dapat diubah)
  - Obesitas (kegemukan)
  - Penderita Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  - Penderita Diabetes Melitus (kencing manis)
  - Penderita Dislipidemia (kolesterol tinggi)
  - Perokok berat

2.     Non-Modifable (yang tidak dapat diubah)
  - Pria (usia 45 tahun)
  - Wanita (usia  55 tahun atau di usia menopause
  - Riwayat keluarga / keturunan dengan PJK

DETEKSI DINI PJK
1. Penilaian awal oleh pasien/keluarga : bila satu atau lebih faktor resiko di atas   didapat maka makin tinggi resiko kemungkinan menderita PJK
2. Pemeriksaan Dokter : berdasarkan riwayat penyakit, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang antara lain,
  -  Laboratorium darah/urin
  -  EKG saat istirahat, uji latih beban (treadmill)
  -  Echocardiography, USG Doppler jantung dan pembuluh darah
  -  Kateterisasi Jantung dan Pembuluh Darah (Cath lab/Angiography)



Copyright 2008 by Rumah Sakit Royal Taruma
Best view with IE 6.0
1024 x 768 screen Resolution