Visitors :

 


CARPAL TUNNEL SYNDROME

oleh Tim Neurologi RS Royal Taruma

Apa anda sering kesemutan di telapak tangan ?
Apa anda sering terbangun tengah malam dan merasa kesemutan ?

Salah 1 penyebab kesemutan di telapak tangan adalah Sindroma Terowongan Kapal (STK) / Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Saraf yang seringkali mengalami tekanan dan dapat menyebabkan kelaianan saraf (neuropati) adalah saraf Medianus yang mempersarafi ibu jari, telunjuk, jari tengah dan   sisi radial jari manis.

Siapa saja  yang memiliki Faktor Resiko terkena CTS ?
Semua orang yang sering menggunakan tangannya dengan gerakan berulang seperti mengetik, menulis maupun penderita penyakit sistemik seperti Diabetes Melitus dan tiroid.

Bagaimana Gambaran Klinis CTS ?
CTS biasanya menimbulkan nyeri di malam / pagi hari sehingga penderita sering terbangun karena kesemutan / nyeri. Nyeri berkurang saat istirahat dan bertambah aktivitas  pergelangan tangan.
Timbul rasa baal, nyeri dan kesemutan pada jari 1,2,3, dan 4 sisi radial. Kadang-kadang nyeri sampai lengan atas dan leher. Sedangkan rasa baal dan kesemutan hanya pada distal dan pergelangan tangan.
Bila tekanan pada Penderita CTS makin meningkat, maka penderita akan kehilangan kekuatan pada otot tangan sehingga penderita mulai merasa tidak kuat terutama saat menggenggam dan genggaman akan terlepas.

Bagaimana cara Mendiagnosis kesemutan ?
Melalui Elektromiografi (EMG) dokter dapat memeriksa kerusakan saraf yang terjadi sehingga diketahui seberapa besar derajat kerusakan tersebut.

Bagaimana Penanganan CTS ?
Penanganan CTS dilakukan tergantung seberapa derajat kerusakan saraf yang terjadi. Untuk kasus ringan diberikan terapi suportif dan konservatif yaitu dengan obat-obatan. Apabila sudah terlampau berat, maka akan dianjurkan untuk operasi.

Bagaimana Prognosis CTS ?
Tingkat kesembuhan penderita CTS cukup baik tetapi resiko kekambuhan masih ada terutama bila jarang kontrol ke dokter.



Copyright 2008 by Rumah Sakit Royal Taruma
Best view with IE 6.0
1024 x 768 screen Resolution