Visitors :

 


ELEKTROMIOGRAFI

oleh Tim Neurologi RS Royal Taruma

Apa itu EMG ?

Suatu alat pemeriksaan khusus yang sering disebut Elektroneurografi untuk melihat adanya kelainan saraf  baik pada lengan maupun tungkai.  Misalnya saat kesemutan, kebas atau timbul rasa tidak nyaman pada anggota gerak. Alat ini juga bisa untuk melihat adanya kelainan pada otot. Misalnya  keluhan kram, lemah, dan kaku otot.

Ada 2 jenis EMG digunakan secara luas :
1. EMG permukaan
2. Intramuskular (jarum dan fine-kawat) EMG.
Untuk melakukan EMG intramuskular, jarum elektroda atau jarum mengandung dua elektroda-kawat halus dimasukkan melalui kulit ke dalam jaringan otot.

Bagaimana cara Pemeriksaan EMG ?

Memberikan rangsangan listrik pada saraf yang dicurigai adanya kelainan dengan arus listrik kecil. Dengan EMG dapat mengetahui derajat penyakit atau derajat kesemutan yang dikeluhkan. Bila dicurigai adanya kerusakan lebih lanjut, dokter pemeriksa akan menusukkan jarum khusus pada otot pasien dan rasa sakit yang ditimbulkan hanya minimal, jarum yang dipakai hanya untuk sekali pakai sehingga tidak ada resiko penularan.

Apa ada persiapan khusus sebelum EMG ?
Tidak ada

Teknik Saat Pemeriksaan EMG:
Pemeriksaan EMG dapat dilakukan dengan jarum maupun tanpa jarum. Saat pemeriksaan tanpa jarum, pasien hanya  diminta relaks dimana dokter akan mencari sumber saraf yang dicurigai ada kelainan. Bila perlu pemeriksaan lanjut dengan jarum, pasien hanya diminta untuk relaks dan  menggerakkan otot yang diperiksa, kemudian jarum ditusukkan ke dalam otot untuk melihat aktivitas listrik pada otot tersebut.

Berapa lama waktu pemeriksaan EMG ?
Sekitar 30- 60 menit.
 
Bagaimana Prosedur setelah pemeriksaan EKG ?
Pasien boleh langsung pulang. Hasil pemeriksaan akan langsung diberikan ke pasien maupun ke dokter pengirim sehingga bisa langsung dilakukan penanganan lebih lanjut
 


Copyright 2008 by Rumah Sakit Royal Taruma
Best view with IE 6.0
1024 x 768 screen Resolution